25/03/13

Pramuka SD!! Anggrek 1st Generation

Selamat sore semuanyaaa! Gua balik dong dari kesengsaraan gua selama ini dikarenakan lupa *sensor* jadi gabisa buka blog ini :( Eh eh to the point aja yuk, gua pengen cerita selama gua vacuum gua ngapain aja :D

Selama vacuum ini gua sibuk banget, sibuk karena diisi hal yang positif yaitu PRAMUKA. Siapa yang bilang berani bilang pramuka cupu? Coba buktiin apa manfaat-nya kalo gak punya kegiatan yang bermanfaat, yang kerjaannya tiap hari mainan di jalanan nongkrong-nongkrong gaje terus pacaran terus... yaa you know lah...

Kisah ini berawal dari ketika gue masih SD...
Pramuka di SD gua tuh gak jelas, kakak pembina-nya ganti-ganti melulu. Dan dulu sewaktu masih SIAGA gak pernah gua ngerasain yang namanya pelantikan, punya Barung pun enggak. Gua dulu gak ngerti dimana letak asik-nya pramuka. setahun berlalu tau-tau gua udah jadi PENGGALANG, dan tetep aja belom pernah ngerasain yang namanya pelantikan. Disitu gua udah mulai seneng sama yang namanya "Pramuka" dikarenakan denger perjalanan Pramuka ayah gua yang bener-bener asik dan kalo dibukuin mungkin bisa jadi Best Seller (dramatisir dikit boleh kali). Tapi tetep aja masih gak jelas, masa kakak pembina-nya ganti-ganti melulu. 

Kehidupan Pramuka gua yang mulai gua senangi dan gua anggap asik itu ketika gua kelas 6 SD. Ada seorang guru baru bernama "Pak Luthfi" guru yang semangatnya menggelora ingin memajukan anak-anak SD gua yang pada dasarnya emang rata-rata males belajar. Berusaha nyari-nyari lomba buat kita semua dengan semua kenalan yang dia punya. Dulu gua dan temen-temen gua sempet suka ngeledekkin guru gua itu. Tapi semua itu gak terjadi lagi setelah gua tau niat beliau yang emang bener-bener tulus ingin membantu mengharumkan nama SD kecil dimana gua berada. SD yang bangunan lama-nya 2 kali di ambil tanah kepemilikkannya oleh orang lain karena gak setuju SD gua berdiri disitu. SD gua-pun akhirnya tetep bertahan meski bangunannya di sebuah ruko. Dengan bantuan dana dari seseorang yang dermawan SD gua masih bertahan begitu juga dengan ekskul wajib SD gua, "PRAMUKA".

Pernah ada kejadian waktu gua kelas 5 SD, nama regu gua kala itu "Anggrek" dan regu anak laki-laki yang seangkatan sama gua nama regunya "Kalajengking". Jadi kejadiannya begini, gua itu satu regu cuma 4 orang,(perempuan di kelas gua emang cuma segitu sih) nahh abis itu ceritanya ke-3 temen gua itu gak ada yang bisa dateng ekskul waktu itu. Gua yang seorang Pinru tak punya anggota saat itu-pun hanya bisa menggalau baris di barisan regu kakak kelas 6. Waktu itu gua kesel banget, ditambah lagi ternyata diantara ke-3 temen gua itu cuma satu yang bener-bener ada urusan. Yang dua lagi? Aslinya sih "Males" gitu katanya. 

Oh ya, ada juga nih pengalaman gua yang paling seruuu banget! Pertama kali gua ngerasain yang namanya lomba. Lomba di SMPN 19 Bekasi. Nama Pramuka disana NASADEWA. Gua awalnya deg2an mau diikutin lomba sama Pak Luthfi. Udah mana gua pinru. Karena satu regu ada delapan orang, jadinya regu Anggrek ngambil empat orang lainnya dari regu adik kelas 5, regu "Sakura". Pangkalan gua bawa dua regu, yaitu regu Anggrek, Kalajengking(sebagian anggotanya dari regu "Elang" regunya adik kelas 5). Kita belajar buat lomba itu cuma lima hari! Waktu itu temen-temen gua pada nervous, dan gua cuma bisa kasih semangat ke mereka. 
Pas Hari H tiba, gua pake acara dateng telat! Emang sih sekolahannya deket, bahkan dari rumah gua ke lokasi lomba sama dari sekolah gua ke lokasi lomba lebih deket dari rumah gua langsung ke lokasi lomba. Dijalan (di mobil), gua (pinru Anggrek) dan Deffa (pinru Kalajengking) disuruh baca "Boyman" yang dulu gua gak tau itu apaan, yang jelas itu buku.
Begitu sampai, gua dan temen-temen gua disuruh cepet-cepet ambil tongkat. Disitu gua bener-bener berterima kasih banget sama pak Luthfi karena tiba-tiba aja tongkat Anggrek dan Kalajengking udah ada benderanya, gede banget udah kayak regu professional aja! Tapi gua sedikit iri sama Kalajengking, tau kenapa? Soalnya dari pinru sampai banjar delapan dikasih selempangan yang isinya penuh TKK, padahal kita semua aslinya belom seharusnya dapet. Terus, abis itu, Anggrek dan Kalajengking disuruh ke SMUN 10 Bekasi (sebelahnya SMPN 19) dulu buat diskusi antar anggota. Setelah itu, para pinru disuruh registrasi ulang.
Sehabis registrasi ulang, kita semua dipersilakan oleh kakak panitia untuk memasuki lapangan SMPN 19 Bekasi untuk upacara pembukaan. Gua bener-bener nervous disitu, liat regu-regu lain pada keren-keren, pinru-nya suara-nya besar dan bulet. Lah gua? Gak bisa kayak gitu. Saat itu gua bener-bener ngerasa jadi pinru gagal. Langsung deh abis upacara, lomba Hiking Rally SD dan SMP dimulai! Waktu itu materi gua tuh semaphore, PUPK, teori P3K, tes Akademik, tes Pinru, dan... gua lupa! Aduhh gua malu-maluin banget, nilainya kecil-kecil semua. Oh ya, pas lagi jalan mau ke pos IV, gua bertemu sama kakak kelas yang udah alumni dan dia jadi panitia NASADEWA namanya kak Dinda (biasanya sih manggilnya kak Dindut). Ada juga kejadian ketika temen-temen gua pada gak mau baris padahal disuruh baris dan gua bener-bener kesel disitu, berusaha nasihatin dan ngasih semangat ke anggota regu, tapi... tetep aja pada lemes. Akhirnya gua cuma bisa curhat ke kak Dinda tentang anggota regu gua yang gak bisa diatur.
Setelah dari pos terakhir, kita semua satu pangkalan Sholat di masjid Asy-Syuhada sambil istirahat dan cerita-cerita serta instropeksi. Setelah itu kita langsung pulang tanpa menunggu pengumuman lomba yang baru akan diumumkan sore jam 18:00. Gua bener-bener... nyesel kalo gua inget-inget sekarang waktu lomba ND7 itu... "Kenapa gua gak belajar mati-matian?" tapi dapet pengalaman juga sihh hehe :D

Nah kabar baik pun datang saat ini loh! Saat ini gua adalah bagian dari NASADEWA!!! Nantikan kisah hidup ke-PRAMUKA-an gua di posting berikutnya! see you! :*


RaudhinaNina
25.03.2K13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar